pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Mahasiswa S2 KPI Ikuti Seminar Internasional Local Wisdom

Home >Berita >Mahasiswa S2 KPI Ikuti Seminar Internasional Local Wisdom
Diposting : Kamis, 13 Jul 2023, 17:01:09 | Dilihat : 373 kali
Mahasiswa S2 KPI Ikuti Seminar Internasional Local Wisdom


JEMBER- Dalam rangka Dies Natalis Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) Ke-56, Pascasarjana UIN KHAS Jember menggelar International Webinar bertajuk  "Islam's Dialectics and Local Wisdom towards Global Civilization" pada Rabu 16 Februari 2022 yang dipusatkan di Kantor Pascasarjana UIN KHAS Jember untuk yang luring dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Seminar Internasional ini menegaskan pentingnya memahami kearifan lokal (local wisdom) dalam kajian keilmuan di tingkat magister dan doktor.

            Bertindak sebagai keynote speaker Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM., selaku Rektor UIN KH. Achmad Siddiq Jember; pembicara 1, Assoc. Prof. Dr. Mohammad Reevany Bustami (Head of Nusantara Malay Archypelago Research at CenPRIS University Sains Malaysia & Founder of i-WIN Library);  pembicara  2, Prof. Dr. Irwan Abdullah, BA (Peneliti dan Guru Besar Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada Yogyakarta); pembicara 3, Prof. Dr. H. Abd. Halim Soebahar, MA. (Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Timur/Guru Besar UIN KHAS Jember); dan pembicara 4, Prof. Dr. Moh. Dahlan, M.Ag. (Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember). “Ini webinar yang menarik karena membicarakan kearifan lokal yang menjadi kekuatan visi UIN KHAS Jember,” tegas Prof. Babun.

            Dalam seminar internasional tersebut, Assoc. Prof. Dr. Mohammad Reevany Bustami menyampaikan diskusinya berjudul “Islamic Glocalization; Islamic Rationalization of Nusantara Local Wisdom in building a Global Ethical Civilization” yang menegaskan bahwa Islam selalu berdialektika dengan budaya lokal, tidak memberangus, tetapi berdialog. Prof. Dr. Irwan Abdullah, BA menyampaikan materi tentang “Agama dalam Tantangan Peradaban Global” yang menegaskan peran penting agama dalam mempengaruhi setiap corak dan karakter peradaban masyarakat di dunia. Prof. Dr. H. Abd. Halim Soebahar, MA. Berbicara mengenai “Dialektika Islam dan Peradaban: Tradisi Intelektual dan Format Kelembagaan Pendidikan Islam” yang menegaskan perjumpaan antara Islam dan peradaban yang tidak bisa dipisahkan. Dan, Prof. Dr. Moh. Dahlan,  M.Ag. menyampaikan materi tentang “Hubungan Peradaban Islam dan Kearifan Lokal” yang lebih menyentuh pada nilai-nilai ajaran Islam yang merespon secara arif fenomena kebudayaan tradisional. Seminar internasional yang dimoderatori oleh Dra. Sofkhatin Khumaidah, M.Pd., Ph.D., ini selengkapnya bisa diakses melalui link YouTube UIN KHAS Jember di  https://www.youtube.com/watch?v=JuhWjhS_Qc8

            Ketua Program Studi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember Periode 2019-2023 Dr. Kun Wazis, S.Sos., M.I.Kom., mengatakan seminar internasional ini merupakan agenda rutin tahunan Pascasarjana UIN KHAS Jember yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa S2 KPI. “Tujuannya untuk memperkuat basis keilmuan, terutama kajian komunikasi dan penyiaran Islam yang terkait dengan konteks kearifan lokal (local wisdom),” ujarnya. (drkw)


THE POWER OF LOCAL WISDOM: Suasana Webinar Internasional yang digelar Pascasarjana UIN KHAS Jember pada Rabu, 16 Februari 2022 yang diikuti seluruh mahasiswa S2 dan S3 secara daring dan luring pasca Pademi Covid-19.

Berita Terbaru

Visitasi Prodi Baru S3 Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN KHAS Jember : Langkah Peningkatan Lembaga dan Menjawab Tantangan Pasar
07 May 2024By oprpasca
Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Jadi Narasumber Seminar Pengelolaan Program Doktor di IAIN Palangka Raya
07 May 2024By oprpasca
Pascasarjana Gelar FGD Review Kurikulum Berbasis OBE
30 Apr 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;