pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

MoU di Luar Negeri, Mahasiswa S2 KPI Presentasi

Home >Berita >MoU di Luar Negeri, Mahasiswa S2 KPI Presentasi
Diposting : Kamis, 27 Jul 2023, 13:32:49 | Dilihat : 452 kali
MoU di Luar Negeri, Mahasiswa S2 KPI Presentasi


MALAYSIA-THAILAND-Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (Pascasarjana UIN KHAS Jember) terus memperkuat reputasi akademiknya melalui kerjasama internasional. Setelah berlangsung Memorandum of Understanding (MoU), tindak lanjutnya adalah menggelar seminar internasional  di luar negeri maupun dalam negeri. Pada tahun 2023 ini, dilaksanakan International Joint Seminar  di University Putra Malaysia (UPM) Selangor Malaysia dan  Fatoni University, Pattani Thailand pada 1-5 Maret 2023.  Peserta dalam acara bertema “On the Challenges of Islamic Studies and Education in Shoutheast Asia” itu adalah 46 mahasiswa S2 dan S3 Pascasarjana UIN KHAS Jember dari 11 program studi yang ada.

                Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM menegaskan bahwa membangun reputasi kampus melalui Internasional Joint Seminar merupakan keharusan bagi UIN KHAS Jember agar memberikan kontribusi besar bagi peradaban di wilayah Asia Tenggara. “Kegiatan ini tentunya sejalan dengan visi UIN KHAS Jember, yakni menjadi perguruan tinggi Islam unggul di Asia Tenggara. Tentu saja, dengan mengusun kearifan lokal (local wisdom) yang menjadi kajian keilmuan di Pascasarjana UIN KHAS Jember,” tegasnya.

                Sementara Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moh. Dahlan, M.Ag mengatakan bahwa International Joint Seminar ini menjadi salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti bagi mahasiswa S2 maupun S3 di seluruh Prodi di Pascasarjana UIN KHAS Jember. “Sebagai syarat ujian, baik tesis maupun disertasi, memang disyaratkan untuk memiliki karya ilmia di jurnal terakreditasi, jurnal internasional bereputasi atau mengikuti International Joint Seminar yang diselenggarakan Pascasarjana  UIN KHAS Jember dengan kampus di luar negeri,” tegasnya. 

                Kegiatan tersebut disambut baik oleh para mahasiswa. Perwakilan mahasiswa Prodi S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pascasarjana UIN KHAS Jember yang berkesempatan mempresentasikan makalahnya di UPM Selangor Malaysia dan University Fatoni Thailand adalah M Abd. Halik, angkatan 2021.  Dengan mengangkat tema “Metaverse Platform Dakwah Di Era Society 5.0” M Abd. Halik mengaku bangga dalam menjalin komunikasi dengan berbagai perspektif keilmuan dari Malaysia dan Thailand. “Ini sangat penting untuk mengembangkan kajian keilmuan di S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember. Dengan International Joint Seminar ini, akan memperkaya pengetahuan kita di masa mendatang,” ujaranya.

                Ketua Program Studi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember Periode 2019-2023 Dr. Kun Wazis, M.I.Kom., mengapresiasi para mahasiswa S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember yang mengikuti acara tersebut. Selain pengalaman menarik dalam berdiskusi di kampus internasional, hasilnya bisa menjadi kajian lebih lanjut di S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember. “Apalagi, dalam matakuliah di S2 KPI ada kajian Komunikasi Antar Budaya dan Pesantren yang sejalan dengan visi S2 KPI Pascasarjana soal kearifan lokal yang menjadi ciri khas risetnya,” ujarnya.

                Perlu di diketahui bahwa Pascasarjana UIN KHAS Jember memiliki 11 sebelas program studi pada tahun 2023 ini. Untuk magister, adalah Prodi Manajemen Pendidikan Islam (S2 MPI), Prodi Pendidikan Agama Islam (S2 PAI), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (S2 PBA), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2 PGMI), Prodi Hukum Keluarga (S2 HK), Prodi Ekonomi Syariah (S2 ES), Prodi Studi Islam (S2 SI), dan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2 KPI). Sedangkan jenjang Doktor, adalah Prodi  Manajemen Pendidikan Islam (S3 MPI), Prodi Pendidikan Agama Islam (S3 PAI), dan Prodi Studi Islam (S3 SI).  Perwakilan masing-masing prodi mempresentasikan makalahnya di UPM Selangor Malaysia dan Fatoni University, Pattani Thailand sesuai dengan  bidang kajian keilmuan prodinya. Dokumen International Joint Seminar dapat diakses melalui  link https://anyflip.com/bklpx/smgh/  (drkw) 

 

GO INTERNASIONAL: M. Abd. Halik, mahasiswa S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember (kanan) usai kegiatan International Joint Seminar di UPM Selangor Malaysia dan Fatoni University, Pattani  Thailand, 1-5 Maret 2023.

 

SYARAT UJIAN TESIS:  Presentasi  dalam International Joint Seminar yang diselenggarakan Pascasarjana UIN KHAS Jember dengan Kampus di luar negeri menjadi salah satu syarat ujian tesis di S2 KPI maupun seluruh Prodi S2 & S3 lainnya.

Berita Terbaru

Visitasi Prodi Baru S3 Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN KHAS Jember : Langkah Peningkatan Lembaga dan Menjawab Tantangan Pasar
07 May 2024By oprpasca
Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Jadi Narasumber Seminar Pengelolaan Program Doktor di IAIN Palangka Raya
07 May 2024By oprpasca
Pascasarjana Gelar FGD Review Kurikulum Berbasis OBE
30 Apr 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;