pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Pascasarjana Menggelar Ujian Masuk Camaba Reguler dan 5000 Doktor

Home >Berita >Pascasarjana Menggelar Ujian Masuk Camaba Reguler dan 5000 Doktor
Diposting : Rabu, 12 Jul 2017, 09:17:49 | Dilihat : 878 kali
Pascasarjana Menggelar Ujian Masuk Camaba Reguler dan 5000 Doktor


Pascasarjana IAIN Jember semenjak kemarin (11/07/2018) menggelar rangkaian ujian masuk yang diikuti oleh ratusan peserta calon mahasiswa baru program reguler untuk tingkat magister dan doktor serta program 5000 doktor . Mereka melakukan serangkaian tes yang disiapkan oleh kampus dalam rangka menjaring calon mahasiswa baru yang bermutu dan berkomitmen menyelesaikan studinya tepat waktu.

Ujian masuk pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh IAIN Jember. “Menurut data, jumlah calon mahasiswa baru (Camaba, red) untuk tahun akademik 2017/2018 ini sebanyak 230 Camaba. Ditambah pendaftar 5000 doktor sebanyak 31 orang, sehingga total 261 orang camaba,” ujar Kasubag Pascasarjana IAIN Jember, Yobbi Mahruz Habibie.

Dia mengatakan bahwa ada serangkaian tes tulis dan wawancara yang wajib diikuti oleh seluruh calon mahasiswa. Mulai dari tes kemampuan bahasa Arab, bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA) hingga wawancara dengan ketua prodi masing-masing calon peserta.

Pelaksanaan ujian ini dilaksanakan secara ketat dan hati-hati. “Seluruh peserta ujian wajib menyerahkan berkas persyaratan ujian dan memvalidasi kartu ujian di ruang ujian. Hal ini demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya perjokian,” ungkap Yobbi.

Salah satu peserta, Clara mengaku optimis dalam melaksanakan rangkaian tes tulis yang dilaksanakan mulai jam 08.00 WIB hingga jam 11.30 WIB. Setelah itu tes wawancara mulai jam 12.30 WIB hingga selesai.

Ditemui setelah kegiatan ujian, ketua panitia, Dr. Mashudi, M.Pd. menyampaikan syukur bahwa kegiatan tes hari ini telah berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah semua peserta hadir melaksanakan rangkaian ujian tes masuk tanpa ada kendala yang berarti. Ini semua hasil kerjasama semua pihak. Mereka telah bekerja siang malam, termasuk di hari libur, guna menyukseskan kegiatan ini," katanya.

Dia manambahkan bahwa hasil ujian tulis dan wawancara itu akan dievaluasi secara akurat dan obyektif. Sesuai jadwal, hasil finalnya akan diumumkan tanggal 19 Juli 2017 untuk program reguler. "Calon mahasiswa dapat melihatnya di website maupun di papan pengumuman Pascasarjana IAIN Jember," pungkas Kaprodi PAI ini.

Hingga berita ini diturunkan, saat ini sedang berlangsung ujian tulis peserta calon penerima beasiswa 5000 Doktor tahun akademik 2017/2018 dan dilanjutkan test wawancara serta ujian proposal disertasi. (Umam-Zainal)

Berita Terbaru

Tingkatkan Kualitas, Pascasarjana Gelar Monev
22 Apr 2024By oprpasca
Optimasilasi Penggunaan Mendeley dan Zotero Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah
13 Mar 2024By oprpasca
Teguhkan Spirit Religius Sambut Ramadhan 1445H, Direktur Pascasarjana UIN KHAS Ajak Civitas Akademika Baca Dzikrul Ghofilin
06 Mar 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;