pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Tim S3 PAI Rumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi

Home >Berita >Tim S3 PAI Rumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi
Diposting : Jumat, 16 Feb 2024, 08:40:20 | Dilihat : 107 kali
Tim S3 PAI Rumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi


KOMPAK: Rapat kerja tim perumus berhasil menetapkan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi S3 PAI Pascasarjana UIN KHAS Jember di DH Satu Homestay Jember, pada 20 Mei 2023.

HUMAS- Alih status IAIN Jember menjadi UIN KHAS Jember menuntut berbagai peningkatan performa akademisnya. Diantaranya, berubahnya visi, misi, dan tujuan UIN KHAS Jember yang berbeda saat masih berstatus IAIN Jember. Untuk itu, program studi (Prodi) yang berada di bawah UIN KHAS KHAS Jember, baik jenjang S1, S2, dan S3 terus melakukan penyesuaian agar selaras dan sejalan. Prodi S3 Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN KHAS Jember termasuk yang serius merumuskan agar visi, misi, dan tujuan prodi senada dengan UIN KHAS Jember.

            Ketua Prodi S3 PAI Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd., menjelaskan Tim Perumus Visi, Misi, dan Tujuan Prodi S3 PAI merupakan pakar yang berkompeten dalam bidang PAI. Diantaranya, dosen tetap program studi (DTPS), assessor internal kampus, dan stakeholder.  “Rumusan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi ini merupakan program akademik untuk meningkatkan kualitas prodi seiring dengan berubahnya alih status dari IAIN Jember menjadi UIN KHAS Jember,” ujarnya.

            Menurut dia, rapat kerja tim perumus itu dipusatkan di DH Satu Homestay Mangli Jember dalam beberapa kali pertemuan. Dan, pada 20 Mei 2023, rumusan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi PAI Program Doktor Pascasarjana UIN KHAS Jember sudah ditetapkan dan siap diimplementasikan dalam mendukung kegiatan akademik. “Dengan ditetapkan rumusan tersebut, maka akan menjadi arah kurikulum di S3 PAI,” katanya.

Berdasarkan keputusan tim perumus itu, Visi S3 PAI Pascasarjana UIN KHAS Jember adalah mengembangkan Keilmuan Pendidikan Agama Islam yang unggul di Asia Tenggara berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban pada tahun 2045. Berdasarkan visi ini, lanjut Prof. Mashudi, juga ditetapkan Misi yang selaras dengan misi. “Karena misi UIN KHAS Jember dan Pascasarjana itu poin pentingnya adalah unggul di Asia Tenggara, maka Prodi S3 PAI juga menetapkan yang searah, selaras, atau bersinergi,” katanya.

Lebih lanjut ditegaskan, misi S3 PAI adalah,  pertama, menyelenggarakan Pendidikan Agama Islam yang unggul di Asia Tenggara berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban; kedua, menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan bidang Pendidikan Agama Islam yang unggul di Asia Tenggara berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban; ketiga, menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang unggul di Asia Tenggara berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban; dan, keempat, menyelenggarakan kerjasama dengan mitra pada tingkat lokal, nasional dan Asia Tenggara dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang unggul di Asia Tenggara berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban.

Mengenai tujuan yang telah ditetapkan tim perumus, lanjut Prof Mashudi, maka kata kunci berbasis riset, keislaman, dan kearifan lokal tidak boleh ditinggalkan. Untuk itu, Tujuan Prodi S3 PAI adalah, pertama, menghasilkan lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban; kedua, menghasilkan karya penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam  berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban;   ketiga, menghasilkan karya pengabdian dalam bidang Pendidikan Agama Islam  berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban; keempat, menghasilkan produktivitas dari kerja sama dalam bidang Pendidikan Agama Islam dengan berbagai lembaga baik skala regional, nasional maupun Asia Tenggara berbasis riset, keislaman dan kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban.

            Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM menegaskan bahwa seiring dengan perubahan alih status, maka semua prodi di Pascasarjana, baik Program Magister (S2) maupun Doktor (S3) segera melakukan penyesuaian untuk mendukung visi, misi, dan tujuan UIN KHAS Jember maupun dengan Pascasarjana. “Untuk itu, sinergi semua civitas akademika menjadi penting untuk merumuskan dan menetapkan visi, misi, dan tujuan dalam rangka mencapai visi besar UIN KHAS Jember,” tegasnya. (drkw)

Berita Terbaru

Pascasarjana Gelar FGD Review Kurikulum Berbasis OBE
30 Apr 2024By oprpasca
Tingkatkan Kualitas, Pascasarjana Gelar Monev
22 Apr 2024By oprpasca
Optimasilasi Penggunaan Mendeley dan Zotero Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah
13 Mar 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;