pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

TINDAK LANJUT KERJASAMA S2 KPI, GELAR KULIAH UMUM

Home >Berita >TINDAK LANJUT KERJASAMA S2 KPI, GELAR KULIAH UMUM
Diposting : Selasa, 23 May 2023, 03:27:18 | Dilihat : 354 kali
TINDAK LANJUT KERJASAMA S2 KPI, GELAR KULIAH UMUM


TINDAK LANJUT KERJASAMA S2 KPI, GELAR KULIAH UMUM

JEMBER - Tindak  lanjut Kerjasama antara S2 Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang dengan Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) dilaksanakan dengan menggelar Kuliah Umum pada Sabtu 30 Oktober 2021 secara daring. Rangkaian kerjasama ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas akademik kedua kampus tersebut. Narasumber yang dihadirkan dalam Kuliah Umum yang dipusatkan di kampus Prodi Magister Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang ini adalah Dr. Heri Budianto, M.Si (Dosen Universitas Mercu Buana Jakarta) dan Dr. Kun Wazis, M.I.Kom. (Kaprodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember). Tema yang diangkat adalah isu yang kontemporer, yakni Komunikasi, Media, dan Pencitraan Aktor Politik.

Sebagaimana diberitakan TIMESINDONESIA pada Minggu 31 Oktober 2021 berjudul “Melihat Fenomena Media Dalam Panggung Realitas Politik” dinyatakan bahwa citra politik ibarat sandiwara kehidupan yang disajikan. Apa yang terjadi di depan (panggung depan) bisa saja berbeda di panggung belakang atau realitas sosial. Itulah gambaran dramaturgi, salah satu perspektif teori melihat dinamika politik dalam pemilihan umum (Pemilu).

 "Situasi dramatik yang seolah-olah terjadi di atas panggung sebagai ilustrasi realitas sosial dalam bentuk citra positif, namun seringkali berbeda realitas sosial yang sesungguhnya. Dan media berperan besar dalam menciptakan panggung depan ini,"ungkap Dr. Kun Wazis  dari Pengamat Komunitas Politik UIN KHAS Jember, Jawa Timur, dalam kuliah umum semester ganjil via daring Stisipol Candradimuka Palembang, Sabtu (30/11/2021).

Menurut Kun, seringkali ketika berjanji dalam berkampanye tidak selaras dengan realitas sosial artinya seperti diungkapnya pakar Erving Goffman (1959) sebagai dramatugi. Goffman melihat politik sebagai branding citra di media bisa sering kali berbeda dengan kehidupan nyata sehari-sehari tokoh.

"Misalkan caleg mencitrakan sebagai penolong rakyat, peduli tapi dalam kehidupan nyata justru tersandung korupsi. Ini ibarat bentuk alur cerita pertunjukan drama dalam sebuah pentas dan media berperan dalam menciptakan drama itu,"terang dia.

Kun melihat bahwa komunikasi bersifat serba hadir dan senantiasa ada dalam berbagai konteks ruang dan waktu, menjadi bagian yang integral dalam kehidupan manusia.

“Sebetulnya apa yang dilakukan saat ini adalah apa yang dinamakan dramaturgi, seorang aktor politik akan memainkan perannya masing- masing, dan media menjadi unsur dalam dramaturgi ini,”kata penulis buku Dramaturgi Politik dan Kontruksi Komunikasi Politik.

Lebih dalam narasumber selanjutnya Pengamat Politik dari Universitas Mercu Buana Jakarta Heri Budianto mengatakan bahwa branding yang dilakukan oleh para politisi bukan menjadi unsur utama dalam memenangkan pertarungan, banyak faktor lain.

"Namun upaya pencitraan menjadi salah satu faktor untuk memperkenalkan dirinya kepada publik melalui media. Untuk itu media harus mampu menggambarkan panggung realitas sosial dalam perannya ,"terang Dia.

Sementara Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Budi Santoso, menjelaskan bahwa kuliah umum ini sejatinya ditujukan untuk memberikan semacam pencerahan (enlightenment) kepada civitas academica Stisipol Candradimuka.

"Terutama mahasiswa Program Magister dan Sarjana Ilmu Komunikasi, tentang bagaimana hebatnya kekuatan komunikasi dan kekuasaan media dalam mengkonstruksi realitas menjadi pesan-pesan politik yang dibentuk sedemikian rupa untuk memanipulasi imej para aktor politik,"terangnya

Kuliah umum ini diharapkan dapat menstimulasi motivasi para mahasiswa untuk memahami lebih jauh hakikat dari komunikasi di dalam pragmatisme politik. "Kuliah umum secara rutin akan diselenggarakan setiap awal semester perkuliahan dengan tema yang disesuaikan dengan konsentrasi yang ada di Magister Ilmu Komunikasi ,"terang Dia. (*)

 

Sumber data: https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/378993/melihat-fenomena-media-dalam-panggung-realitas-politik

Sumber berita lainnya bisa diakses melalui link:

https://sibernas.com/2021/10/30/magister-ilmu-komunikasi-stisipol-candradimuka-gelar-kuliah-umum-media-dan-branding-aktor-politik/   

https://sumselupdate.com/mahasiswa-pps-ilmu-komunikasi-stisipol-candradimuka-palembang-antusias-ikuti-kuliah-umum/  

http://www.metrosumatera.com/magister-ilmu-komunikasi-stisipol-candradimuka-gelar-kuliah-umum/

https://britabrita.com/2021/10/30/magister-ilmu-komunikasi-stisipol-candradimuka-gelar-kuliah-umum-media-dan-branding-aktor-politik/

 

 

Berita Terbaru

Visitasi Prodi Baru S3 Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN KHAS Jember : Langkah Peningkatan Lembaga dan Menjawab Tantangan Pasar
07 May 2024By oprpasca
Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Jadi Narasumber Seminar Pengelolaan Program Doktor di IAIN Palangka Raya
07 May 2024By oprpasca
Pascasarjana Gelar FGD Review Kurikulum Berbasis OBE
30 Apr 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;