pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Tingkatkan Kualitas, Pascasarjana Gelar Monev

Home >Berita >Tingkatkan Kualitas, Pascasarjana Gelar Monev
Diposting : Senin, 22 Apr 2024, 10:15:01 | Dilihat : 139 kali
Tingkatkan Kualitas, Pascasarjana Gelar Monev


JEMBER- Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) terus meningkatkan performa akademiknya. Salah satunya, dengan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran Semester Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kualitas pendidikan/pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan standar yang ditetapkan dan berjalan efektif.

Kegiatan Monev tersebut dipusatkan di DH Satu Residence Jember pada Kamis (18/04/2024) dengan melibatkan semua Kaprodi, baik Program Magister (8 Prodi) maupun Program Doktor (3 Prodi). Selain itu, seluruh tenaga kependidikan juga ikut serta dalam kegiatan yang berlangsung sehari tersebut. Acara berlangsung santai dan serius dengan diawali acara Halal bi Halal untuk keluarga besar Pascasarjana UIN KHAS Jember. Kegiatan Monev dipimpin oleh Wakil Direktur Dr. H. Saihan, M.Pd.I yang mengatur lalu lintas diskusi, kritik, masukan, dan saran.

Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM., menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama pembelajaran/pendidikan di Pascasarjana. Untuk itu, kegiatan Monev tersebut menjadi bagian penting untuk melakukan evaluasi agar 11 Prodi, baik jenjang S2 maupun S3 meningkat kualitasnya. "Kami akan terus bekerja keras untuk memperbaiki dan mengembangkan proses pembelajaran agar lebih efektif dan inovatif," ujarnya.

Selain itu, Prof. Chotib mengajak seluruh civitas akademika untuk berpartisipasi aktif dalam proses perbaikan ini. Masukan dari para dosen dan tenaga kependidikan menjadi bagian penting agar terjadi sinergi untuk memperbaiki kualitas Pascasarjana. Termasuk kebijakan di Pascasarjana yang perlu dilakukan berbagai perbaikan dan terobosan. "Kami mengharapkan masukan dan saran dari dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Pascasarjana UIN KHAS Jember ini," tambahnya.

Dalam kegiatan Monev ini, berbagai aspek pembelajaran dievaluasi, termasuk metode pengajaran, materi matakuliah yang disampaikan, interaksi antara dosen dan mahasiswa, serta penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Evaluasi juga mencakup penilaian terhadap capaian kompetensi mahasiswa dan efektivitas sistem evaluasi yang digunakan. “Termasuk, mahasiswa semester akhir ini harus kita berikan pelayanan agar segera bisa segera menyelesaikan masa studinya tepat waktu. Sebab, jika banyak yang tidak sesuai waktu, bisa mempengaruhi akreditasi prodi,” tegas Prof. Chotib.

Lebih lanjut ditegaskan, bahwa hasil Monev menunjukkan bahwa sebagian besar program studi di Pascasarjana UIN KHAS Jember telah mencapai target yang ditetapkan. Namun, ada beberapa area yang memerlukan perbaikan, seperti peningkatan kualitas materi dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh. “Dan, yang tidak kalah penting adalah Monev peningkatan mutu ini dalam rangka mendukung akreditasi Unggul yang telah dicanangkan oleh Rektor UIN KHAS Jember,” ujarnya.

SINERGI: Kegiatan Monev melibatkan seluruh Tim Pascasarjana UIN KHAS Jember, baik dosen maupun tenaga kependidikan dengan menjalin kolaborasi antarbagian/unit.

Kegiatan Monev ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Pascasarjana UIN KHAS Jember dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi kebutuhan mahasiswa S2 dan S3 di era globalisasi. Dengan evaluasi yang rutin dan mendalam, diharapkan program Pascasarjana UIN KHAS Jember dapat terus beradaptasi dan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat dan bangsa. “Salah satu yang harus dikuasai adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu dampak digitalisasi yang menuntut kampus juga harus beradaptasi,” katanya (wildan/drkw)

KOMPAK: Direktur Prof. Dr. Moch. Chotib., MM bersama Tim Pascasarjana UIN KHAS Jember usai kegiatan Monev Pembelajaran Semester & Halal bi Halal di DH Satu Residence Jember, Kamis (18/04/2024). Tim Pascasarjana berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi peningkatan kualitas Tri Dharma.

;