pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

UIN KHAS Jember Raih Akreditasi Unggul, Prodi S3 HKI Divisitasi

Home >Berita >UIN KHAS Jember Raih Akreditasi Unggul, Prodi S3 HKI Divisitasi
Diposting : Rabu, 04 Sep 2024, 20:51:31 | Dilihat : 93 kali
UIN KHAS Jember Raih Akreditasi Unggul, Prodi S3 HKI Divisitasi


HUMAS-Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) terus mengembangkan program studi baru yang prospektif dan dibutuhkan untuk masyarakat. Setelah tuntas visitasi Prodi Baru S3 Ekonomi Syariah (ES) pada Selasa-Kamis, 7-9 Mei 2024 lalu,  kemarin (Selasa-Rabu, 3-4 September 2024) digelar visitasi untuk Program Doktor Hukum Keluarga Islam (HKI) di Ruang Ujian Terbuka Pascasarjana UIN KHAS Jember. Dua asesor BAN-PT, yakni : Prof. Dr. Drs. H. Ahmad Thibraya, MA (Asesor 1), dan Prof. Dr Jauharoti Alfin, M.Si (Asesor 2) yang melaksanakan visitasi dengan mengecek keseluruhan data yang dinarasikan dalam borang pengajuan Prodi S3 HKI. Hadir juga Dr. Imam Bukhori, M.Pd., selaku Kasubdit Pengembangan  Akademik Diktis Kemenag RI bersama staff yang memantau langsung kegiatan visitasi.  

Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Hepni, MM menyambut baik visitasi S3 HKI karena menjadi bagian dari upaya meningkatkan performa akademik setelah Akreditasi Perguruan Tinggi UIN KHAS Jember meraih peringkat Unggul dari BAN-PT. Untuk itu, pihaknya berterima kasih kepada asesor yang turun langsung untuk melakukan visitasi S3 HKI. “Tentu, kami membutuhkan masukan-masukan dari para asesor, agar kedepan S3 HKI ini dapat mendukung keberadaan Akreditasi UIN KHAS Jember yang meraih Unggul dari BAN-PT,” ujar Wakil Rektor 1 Dr. H, Khoirul Faizin, M.Ag., yang mewakili Rektor karena sedang tugas dinas mancanegara pada Seminar Internasional dan Kerjasama Lembaga di Brunei Darussalam. 
Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM menyampaikan dengan visitasi prodi baru S3 HKI ini, maka akan ada 5 Prodi S3, yakni S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI), S3 Pendidikan Agama Islam (PAI), S3 Studi Islam (SI), S3 ES, dan S3 HKI. Dengan demikian, tantangan yang dihadapi oleh Pascasarjana akan semakin besar. “Tentu, dengan bertambahnya Prodi S3 HKI ini akan menambah kekuatan akademik, baik yang menyangkut tenaga dosen, karena untuk pembukaan S3 harus ada guru besar yang memadai, dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala, tenaga kependidikan, sarana, prasarana, dan fasilitas lain yang dipersiapkan,” ujarnya. 
Kasubdit Pengembangan Akademik Diktis Kemenag RI Dr. Imam Bukhori, M.Pd., memberikan dukungan kepada pembukaan Prodi baru S3 HKI yang telah divisitasi. Hal ini akan menjadi dukungan akdemis seiring raihan akreditasi Unggul APT UIN KHAS Jember. “Tentu saja, kedepan tantangan menjadi besar, yakni bagaimana akreditasi unggul APT UIN KHAS Jember ini juga bisa dibuktikan dengan kehadiran Prodi baru S3 HKI ini. Sebab, yang terpenting nantinya adalah output dari pembukaan Prodi baru ini bermanfaat kepada masyarakat,” ujarnya
Pelaksanaan Visitasi S3 HKI berjalan lancar dan suasana yang gayeng. Beberapa jali asesor memberikan pertanyaan sekaligus kritik yang membuat hadirin terlihat serius dan santai.  Seluruh jajaran perwakilan rektorat hadir, termasuk Ketua LPM, Ketua LP2M, Kepala Unit di lingkungan UIN KHAS Jember, Kaprodi S2 dan S3 Pascasarjana, serta seluruh jajaran tim kerja S3 HKI, asesor internal UIN KHAS Jember, Dosen Tetap Program Studi (DTPS) S3 HKI juga menyambut antusias. Visitasi berlangsung sesuai dengan agenda utama konfirmasi realitas borang, terutama kesiapan sarana dan prasarana untuk pembukaan Prodi Baru S3 HKI yang terkait dengan ruang dosen, ruang mahasiswa, dan sarana pendukung lainnya. “Kita berusaha maksimal untuk bisa membuka S3 HKI ini, karena jalur di S1 Hukum Keluarga sudah ada terakreditasi Unggul, dan juga S2 Hukum Keluarga juga sudah ada terakreditasi B, sehingga akan semakin kuat kajian keilmuannya dengan adanya S3 HKI ini,” ujar ujar Wakil Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Dr. H. Saihan, M.Pd.I., usai kegiatan visitasi. (wks/drkw)

Berita Terbaru

UIN KHAS Jember Raih Akreditasi Unggul, Prodi S3 HKI Divisitasi
04 Sep 2024By oprpasca
Penandatanganan MoU Beasiswa antara LPPD Jawa Timur dan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
04 Sep 2024By oprpasca
Sambut Mahasiswa Baru, Pascasarjana Gelar Peningkatan Mutu Dosen dan Tendik
30 Aug 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;