pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Visitasi Prodi Baru S3 Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN KHAS Jember : Langkah Peningkatan Lembaga dan Menjawab Tantangan Pasar

Home >Berita >Visitasi Prodi Baru S3 Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN KHAS Jember : Langkah Peningkatan Lembaga dan Menjawab Tantangan Pasar
Diposting : Selasa, 07 May 2024, 16:40:51 | Dilihat : 296 kali
Visitasi Prodi Baru S3 Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN KHAS Jember : Langkah Peningkatan Lembaga dan Menjawab Tantangan Pasar


HUMAS-Pascasarjana UIN KHAS Jember terus mengembangkan program studi yang dibutuhkan untuk masyarakat. Melengkapi kajian keilmuan Prodi Ekonomi Syariah (ES) di Strata 1 (S1), dan Strata 2 (S2), kini Pascasarjana UIN KHAS Jember bertekad membuka Prodi Baru Program Doktor (S3) ES. Visitasi terhadap Prodi S3 ES ini dilaksanakan pada Selasa-Kamis, 7-9 Mei 2024 di Pascasarjana UIN KHAS Jember. Bertindak selaku asesor, yakni : Prof. Dr. H. Ahmad Thibraya, MA (Asesor 1), dan Prof. Dr Jauharoti Alfin, M.Si (Asesor 2). Hadir juga Dr. Lukman Nugraha, M.ST., Subtim Bina Prodi Subdit Akademik Diktis Kemenag RI. 

Pelaksanaan Visitasi berjalan lancar. Seluruh jajaran rektorat hadir, baik Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, dan Wakil Rektor 3 Dr. Khoirul Faizin, M.Ag. Ketua LPM, Ketua LP2M, Kepala Unit di lingkungan UIN KHAS Jember, Kaprodi S2 dan S3 Pascasarjana, serta seluruh jajaran tim kerja S3 ES juga menyambut antusias. Visitasi berlangsung sesuai dengan agenda penting, terutama kesiapan sarana dan prasarana untuk pembukaan Prodi Baru S3 yang terkait dengan ruang dosen, ruang mahasiswa, dan sarana pendukung lainnya. Acara seremonial berlangsung khidmat, dengan ditutup doa oleh Wakil Rektor 2 Dr. H. Ainur Rofiq, M.Pd. 

Wakil Rektor 1 Prof. Dr. M. Khusna Amal, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa pelaksanaan visitasi ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan pembukaan Prodi S3 ES pada tahun 2023. Dengan hadirnya asesor dalam visitasi ini, peluang pengembangan kampus UIN KHAS Jember, khususnya Pascasarjana akan semakin meningkat. “Dengan visitasi ini, komitmen untuk peningkatan lembaga semakin baik. Dengan adanya 11 prodi yang ada di Pascasarjana, baik S2 maupun S3, dengan rencana pembukaan prodi baru S3 ES yang telah divisitasi ini, akan menjawab tantangan pasar yang semakin kompetitif ini,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi yang luar biasa atas kehadiran asesor dan tim Bina Prodi Diktis yang hadir melakukan pemantauan langsung di lapangan. Penambahan prodi baru ini juga untuk memperkuat tekad kampus UIN KHAS Jember menuju akreditasi unggul. “Tentu saja, tekad kami membuka prodi baru S3 ini dalam rangka mendukung Akreditasi UIN KHAS Jember menuju unggul,” ujarnya. 

Apresiasi luar biasa kepada para asesor juga disampaikan oleh Dr. Lukman Nugraha, M.ST, dari Bina Prodi Subdit Akademik Diktis yang menyatakan bahwa pelaksanaan visitasi Prodi baru S3 ES ini merupakan langkah maju dari berbagai PTKIN yang mengajukan prodi. “Alhamdulillah, apresiasi yang luar biasa kepada kepada para asesor yang terhormat karena telah hadir dalam visitasi ini, karena Prodi Baru S3 ES yang diajukan oleh UIN KHAS Jember ini termasuk yang cepat untuk dilaksanakan visitasi,” ujarnya. 

Asesor BAN-PT Prof. Dr. H. Ahmad Thibraya, MA dalam sambutannya menegaskan bahwa visitasi ini menjadi bagian penting untuk meliat realitas data pendukung di lapangan yang akan menjadi penilaian. “Kami mengecek dengan baik, apakah data yang disampaikan dalam borang akreditasi itu sesuai dengan yang ada di lapangan. Untuk itu, setelah data ini kami susun, nantinya akan diajukan kepada validator di LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akutansi),” ujarnya. 

Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch, Chotib, MM mengungkapkan bahwa pembukaan Prodi baru merupakan bagian komitmen akademik untuk menjawab pertanyaan para Magister Ekonomi Syariah yang ingin melanjutkan S3 ES. “Sebab, kami ini sebagai satu-satunya PTKIN yang berada di Tapal Kuda, masih belum ada S3 ES. Padahal, sejumlah perguruan tinggi Islam, baik negeri dan swasta sudah memiliki prodi S2 ES, tentu ini peluang sekaligus tantangan yang harus dijawab oleh Pascasarjana UIN KHAS Jember,” tegasnya. 

Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Hepni, MM menyatakan kebangaannya terhadap tindak lanjut pembukaan Prodi Baru S3 yang masuk dalam visitasi. Untuk itu, dengan bertambahnya prodi baru di Pascasarjana ini akan meningkatkan performa akademik dalam rangka mendukung akreditasi unggul UIN KHAS Jember. “Dengan kolaborasi dan sinergi tim S3 ES Pascasarjana UIN KHAS Jember, kami berharap agar Prodi baru S3 ES ini menjadi kekuatan dalam mendukung akreditasi unggul APT UIN KHAS Jember,” ujarnya. (wks/drkw)

;